Lifestyle Motivasi

8 Tips Ampuh Agar Orang Mau Menolongmu

Membantu seseorang yakni perbuatan yang terpuji, itulah kalimat yang selalu kita dengar ketika masih sekolah dasar. Setiap orang niscaya membutuhkan bantuan, tak terkecuali dirimu. Disaat situasi tak terkira terjadi, disaat itulah rencanamu bisa berubah, dan kau hanya bisa meminta pinjaman pada seseorang supaya rencanamu sanggup berjalan dengan baik.

Sebelum mengontak mereka, kau niscaya berpikir, apakah mereka mau membantumu? Apakah mereka ada waktu untuk membantumu? Jika niatmu telah lingkaran untuk meminta bantuan, kau tak perlu ragu. Percayalah, setiap orang yang telah mengenalmu, niscaya mereka mau membantumu. Karena sifat dasar insan yakni makhluk sosial, maka mereka akan bahagia hati membantumu.

Di kutip dari blog langsung milik Ilman Akbar, seorang penulis buku best seller ‘101 Young CEO’ dan founder anakUI.com, terdapat 8 tips ampuh supaya orang mau membantumu. Maka dari itu simak tipsnya berikut ini.

1. Pastikan ia orang yang sempurna untuk kau mintai bantuan

Sebelum meminta bantuan, pastikan kau mengetahui latar belakang orang yang hendak kau mintai bantuan. Kalau kau belum mengenalnya, kau harus mempunyai cukup gosip wacana dia. Jangan hingga kau salah bertindak alasannya orang yang kau mintai pinjaman yakni orang yang besar lengan berkuasa di lingkunganmu.

Dan yang harus diingat, jangan hingga kau meminta pinjaman pada orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk membantumu. Sebelum berangkat menemuinya pastikan dulu bahwa ia yakni orang yang sempurna untuk membantumu.

2. Perkenalkan diri, dan alasan kenapa kau meminta bantuannya

Tips ini sangat sempurna untuk kau yang belum mengenal orang yang sanggup membantumu. Pastikan kesan dalam perkenalan berjalan dengan lancar dan nyaman. Jangan gugup dan menatap ia terlalu serius, alasannya itu menciptakan ia tidak nyaman atas kehadiranmu. Tenang dan optimislah bahwa ia yakni orang yang sempurna untuk sanggup membantumu.

3. Apresiasi dengan tulus, jadikan ia merasa penting

Prinsip ini sanggup digunakan dalam teknik berkomunikasi dengan orang lain. Jika kau sanggup membangun perilaku ini, maka kau akan dianggap berharga oleh dia. Dan perilaku positif serta optimis harus selalu di dahulukan dalam setiap hubungan.

Setiap orang, siapapun itu, niscaya ingin dianggap penting di lingkungannya. Oleh alasannya itu, apresiasi terlebih dahulu orang yang akan kau mintai bantuan, jadikan ia merasa penting dan bermakna bagimu.

Dengan melaksanakan ini, dijamin, kau akan menerima perhatiannya. Kalau ia sudah percaya dan menyukai kamu, maka ketika kau meminta pinjaman kepadanya, ia tidak akan segan-segan untuk membantumu.

Dalam buku legendaris “How to Win Friends and Influence People” yang ditulis oleh Dale Carnegie menyatakan bahwa semua orang intinya bahagia untuk dimintai bantuan. Karena dengan dimintai bantuan, orang tersebut dianggap penting dan mempunyai sesuatu yang ‘lebih’ untuk sanggup membantu orang lain.

4. Jangan lupakan kata permohonan

Kamu niscaya sudah cukup paham dengan ini. Tak perlu bertele-tele menjelaskan alasan mengapa kau bertemu dengannya. Cukup ceritakan pokok permasalahan dan buat ia benar-benar paham wacana dilema yang kau hadapi. Jika perlu buatlah ia mencicipi apa yang kau rasakan. Dengan begitu kau sanggup merebut hatinya untuk sanggup membantumu.

5. Jangan mendesak dia

Jangan merasa dirimu paling penting, sehingga kau mendesak dia. Jadikan ia nyaman di dekatmu dengan tidak mendesaknya dengan keputusan sulit. Hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Saat diawal ia berpikir untuk bersedia membantu, semua akan berakhir dengan tidak menyenangkan ketika kau mulai mendesaknya.

6. Jangan meminta pinjaman dalam waktu yang mepet

Tergesa-gesa yakni salahsatu perilaku yang tidak diinginkan setiap orang, apalagi kau memintanya untuk mengeluarkan apa yang kau mau kini juga. Berpikir positif wacana ia sanggup membantumu hari itu juga memang perlu, tapi kau harus mengetahui kondisi dia. Jangan hingga kau memberi tenggat waktu yang terlalu singkat supaya ia berpikir bersedia membantumu atau tidak.

7. Jangan takut untuk mengingatkan orang yang kau mintai bantuan

Kalau ia sudah bilang bersedia dan berjanji akan membantu, maka tak jadi dilema bila kau mengingatkannya. Cara mengingatkannya juga harus ramah dan tidak memaksa. Jika ia masih belum bisa memberi bantuan, coba mengerti keadaannya. Mungkin ia sedang dalam kesulitan, atau mungkin sedang mengalami dilema menyerupai yang kau alami.

8. Ucapkan terima kasih

Ucapkan terima kasih kepadanya alasannya ia sangat baik untuk bersedia membantumu. Kalau perlu jadikan ia partner dalam bisnismu, atau sebagai teman dekatmu. Bangun komunikasi yang baik antara kau dan ia supaya tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *