Intermezzo Kesehatan Lifestyle

5 Penyebab Pria Mengalami Disfungsi Ereksi / Impotensi

Disfungsi ereksi merupakan kondisi ketika seorang pria tidak bisa mempertahankan ereksi ketika melaksanakan hubungan seksual. Menurut para ahli, gangguan ini terjadi pada 1 dari 5 pria dibatas usia 60 tahun. 
 
Disfungsi ereksi atau disebut impotensi, sering kali membuat pria merasa aib sampai jadinya tidak mau periksa ke dokter. 
 
Menurut para mahir dari Texas A & M University disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kondisi fisik dan juga psikologis. Berikut lima faktor risiko DE menyerupai dikutip dari Dailymail. 
 
1. Sakit jantung 
Kondisi medis tertentu menyerupai sakit jantung bisa menjadi faktor risiko seorang pria mengalami DE. Pada orang yang sakit jantung, tanda-tanda DE sanggup muncul lebih awal lantaran duduk kasus kardiovaskular menyerupai aterosklerosis. 
 
Aterosklerosis ialah penyempitan pembuluh darah ke seluruh potongan tubuh. Kondisi itulah yang diduga menjadi penyebab DE dan risiko sakit jantung serta stroke. 
 
Kondisi medis lainnya, yang bisa meningkatkan pria berisiko mengalami DE, antara lain diabetes, penyakit ginjal kronis, multiple sclerosis, dan penyakit Peyronie. 
 
 
2. Konsumsi obat 
Konsumsi obat-obatan tertentu menyerupai obat antidepresan, antihistamin atau obat untuk tekanan darah, bisa memicu DE. 
 
Beberapa obat-obatan tersebut sanggup memengaruhi hormon, saraf, atau sirkulasi darah, yang semua bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter mengenai imbas samping obat. 
 
 
3. Stres 
Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan jiwa pun bisa mempengaruhi DE. Stres, depresi, cemas berlebihan, merasa rendah diri, rasa bersalah, bahkan takut gagal ketika berafiliasi seks juga bisa memicu terjadinya DE. 
 
 
4. Merokok dan minum alkohol
Merokok dan minum alkohol, kedua kebiasaan jelek ini bisa menyebabkan banyak sekali penyakit, termasuk DE.
 
Mereka yang gaya hidup tidak sehat, menyerupai merokok, minum alkohol, kelebihan berat badan, sampai pengguna narkotika lebih rentan mengalami DE. 
 
Konsumsi tinggi masakan yang mengandung flavonoid, menyerupai blueberry sanggup membantu mengurangi risiko DE. 
 
 
5. Cedera fisik 
Cedera fisik bisa menjadi salah satu faktor risiko pria mengalami DE. Salah satu cedera fisik bisa terjadi lantaran olahraga. Namun, bukan berarti olahraga menyerupai bersepeda bisa menyebabkan DE. 
 
 
Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Men’s Health, tidak ada hubungan antara bersepeda terus-menerus dengan disfungsi ereksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *